×

☘️ Dahsyatnya Sedekah

Bismillahirrahmanirrahim

 

Berapakah jumlah sedekah yang biasa dikeluarkan tiap bulannya? Lebih besar mana, jumlah nominal uang sedekah atau jumlah uang belanja bulanan?

Jika kita tahu manfaat sedekah yang amat dahsyat, in syaa Allah akan semakin berani mengeluarkan budget sedekah. Berikut ini beberapa manfaat dahsyat bersedekah yang perlu diketahui:

💧 Sedekah tidak mengurangi harta bahkan akan dilipatgandakan

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.”
(HR. Muslim)

Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.
(Al Minhaj Syarh Shahih Muslim)

Allah Ta’ala berfirman,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui”
(QS. Al-Baqarah : 261)

💧 Sedekah membawa ketenangan

Allah Ta’ala berfirman,

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
(QS. Al-Baqarah: 274)

Orang yang bersedekah akan selalu tenang, tidak penuh rasa khawatir untuk masa depannya dan tidak bersedih dengan apa yang ia tinggalkan di masa silam.

💧 Kaya Jiwa

Kekayaan bukanlah sesuatu yang harus diidam-idamkan oleh seorang muslim karena kekayaan bisa membawa kerusakan kepada seseorang sekiranya tidak menurut jalan yang benar. Islam lebih melihat kekayaan dari segi kekayaan jiwa.

“Kekayaan itu bukanlah karena mempunyai banyak harta tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan jiwa”
(HR. Muslim)

Dan kekayaan jiwa bisa terbukti dengan sedekah yang kita keluarkan. Orang yang kaya jiwanya, tidak akan takut mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar, karena ia telah menyadari hakikat kekayaan sejati adalah apa yang kita berikan untuk orang lain.

💧 Sebagai Naungan di Hari Kiamat

“Ketika di padang Mahsyar setiap orang menunggu giliran dirinya diadili serta timbangan kebaikan dan keburukannya diperhitungkan, maka semua orang bakal merasakan panasnya matahari di atas kepala masing-masing. Di saat ini pula manusia akan tenggelam oleh keringatnya, ada yang keringatnya membanjiri hingga mata kakiknya, hingga lututnya bahkan ada yang benar-benar tengelam oleh keringatnya. Namun orang-orang yang bersedekah bakal memperoleh naungan

ظِلُّ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَدَقَتُهُ

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”
(HR Ahmad)

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui manfaat dahsyat sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah. Apakah kita telah melakukannya.

 

Wallahu’alam bishowab

Contact Us!